Tuesday, November 6, 2012

For Your Birthday Party..

Welcome back.. senang rasanya kota Makassar ini bisa hujan jugaa..akhirnyaaa..hehehee..
In the end of October,some people celebrated Halloween Party..
But for most people here, we didnt celebrate it, cuma palingan euforia heboh dandan seram buat party kecil-kecilan sesuai event kantor mungkin atau sekedar just for fun..
Kali ini,sy akan share sedikit tentang pesta,tapi bukan halloween party tadi,tapi birthday party.
Post ini sy tulis sekedar untuk membantu teman-teman  set a birthday party,plus beberapa pengalaman pribadi saat menangani/memandu acara..
Berikut beberapa hal dan tips yang perlu diperhatikan jika ingin mengadakan pesta ulang tahun :

1. Budget. Ini hal pertama yang menjadi basic. Berapa dana yang anda akan sisihkan untuk melangsungkan pesta? Besar atau kecilnya dana sangat relatif. Tidak harus banyak tetapi stidaknya mencukupi hal-hal penting. Balik lagi kan,yang penting kebersamaan dan kebahagian dalam pesta tersebut

2. Theme. Ya,tema. Tentukan tema yang tepat bagi pesta anda. Jika anak anda yang merayakan pesta ulang tahun dan masih dalam usia toddler(1-3 thn),kindergarden (4-5) atau bahkan primary school(6-11thn), alangkah baiknya bisa menentukan tema untuk pesta anak. Tema untuk pesta anak bisa diambil dari tokoh cartoon anak,misalnya Spongebob, Hello Kitty, Angry Bird, Power Ranger,dll.. Jika yang berulangtahun berusia remaja/dewasa muda, tema-tema unik tidak akan pernah membosankan. Tema carnaval fair,circus , movie premiere/cinema , in the club/disco , 70's/80's , vintage,egyptian/indian/korean party, dll. Tema sesuai venue party juga sangat seru,misalnya beach party, pyjamas party, swimming pool party. Pilihan tema sesuai warna favourite juga sangat cocok bagi semua usia, misalnya : ungu (pengalaman pribadi nih..hihihi) , pink, biru,gold (for your grandma/granda birthday maybe) ,dll

3. Venue+Invitation. Undangan adalah hal pertama yang harus dipersiapkan. Setelah anda memastikan venue/tempat berlangsungnya acara, anda sudah bisa merancang undangan. Sebaiknya sesuai tema,jika memilih tema. Undangan biasanya diberikan dengan bentuk macam-macam sesuai kretifitas berupa kertas,botol,kartu,dll. Saat ini undangan fisik mulai tergantikan dengan undangan via alat komunikasi saja, via blackberry messnger,e-mail,facebook event,dll. Tentukan waktu yang tepat untuk mengirim undangan,jangan sampai tamu undangan melupakan pesta kita karena ngirim undangan terlalu cepat.hehehe


4, Cake. Kue ulang tahun sudah pastinya harus ada dan dipersiapkan saat pesta ulang tahun. Ukuran cake sangat relatif juga. Saat ini sudah banyak bakery yang menyediakan customize your cakes jika menginginkan sesuai dengan tema. Sedikit saran saya, fungsi kue saat ini tidak seperti dulu lagi. Dulu, kue ulang tahun akan dipotong and dishare after tiup lilin. Sekarang masih banyak juga yang begitu, tapi ada juga beberapa (seperti saat pesta ulang tahun anak) yang hanya menempatkan kue sebagai dekorasi dan keharusan. Jika ingin mengkonsumsinya,ingat jangan hanya memperhatikan tampilan kue, tetapi juga jenis dan pastinya rasa kue (kue bolu,lapis legit,tiramisucheesecake,dll),. Jika tidak ingin mengkonsumsinya,perhatikan tampilan kue saja (seperti cakes model cupcake). tapi,sekarang kue semua sudah lezat sekaligus cantik kok.rainbow cakes,red velvet,dll..jangan lupa lilin dan korek api ya.



5. Decoration. Jika dana cukup banyak,bisa menyewa party decorator. Jika tidak,saatnya anda berkreasi demi memeriahkan suasana. Balloon,bunga,boneka atau hiasan apa saja mampu membantu anda menyulap ruangan menjadi lebih semarak.


6. Makanan for dinner/lunch, snacks, kid's meal. Menjamu undangan pastinya dengan makanan yang lezat. Sesuaikan acara dengan waktu makan bagi tamu yang tepat. Jangan terlalu lama (ini penting sekali!!) dan pastikan jumlah yang dipesan sesuai dengan jumlah tamu yang diundang


7. Master of Ceremony (MC). Kemeriahan pesta anda sangat bergantung pada hal yang satu ini. Faktanya adalah MC/host atau pemandu acara yang akan memandu para tamu untuk mengikuti acara dari awal sampai akhir. Seorang pemandu acara harus mampu menghidupkan suasana dan juga pintar mengatur waktu sehingga acara berjalan seru,semangat,fun,tepat waktu dan memorable. Anda tidak harus menyewa MC dengan bayaran mahal,siapa saja bisa,keluarga ,teman,rekan kerja yang penting sampaikan susunan dan point penting acara dengan jelas.


8. Games, sound system , music/song. Untuk pesta anak, jangan lupa untuk mengadakan games yang edukatif sesuai dengan usia undangan serta ajaklah anak-anak untuk menyanyi bersama. Sekarang lagu anak-anak sudah dikit banget, jadi bernyanyilah lagu anak sesuai usia mereka. Alat musik seperti organ/keyboard atau guitar juga bisa disediakan untuk digunakan saat prosesi inti yaitu menyanyi lagu Happy Birthday bersama dan tiup lilin. Jika pesta dilangsungkan di hotel,restaurant atau cafe,biasanya mereka sudah menyediakannya

9. Dresscode & badut. Tema pesta akan semakin terasa jika anda menentukan dresscode bagi undangan. Sesuaikan dengan kondisi ya,karena kita menginginkan semua bisa datang dan jangan sampai ada yang tidak menghadiri pesta kita karena alasan dresscode. Pesta ulang tahun anak juga akan lebih meriah dengan adanya badut sesuai tokoh kartun  favourite anak atau tema.








10. Photobooth , 
souvenir/goodie bag. 
Jangan lupa mengabadikan moment pesta anda ini. Jika dana lebih bisa menyewa fotografer. Sekarang juga sudah banyak fotografi menyediakan jasa photobooth yang langsung dicetak dan dibawa pulang saat itu juga sebagai souvenir oleh para undangan.
Begitujuga dengan souvenir/goodiebag. Bagi anak-anak,saat membagi goodiebag atau souvenir yang paling ditunggu-tunggu. Pergi ke pesta artinya pulang membawa snacks,candies, balloon. Tidak perlu mahal dan pastikan jumlahnya juga sesuai dengan undangan. Tipsnya adalah simpanlah beberapa dahulu sebelum acara sebagai cadangan.

Finally,jangan lupa memanjatkan doa.
Berdoa syukur bagi yang berulangtahun,doa syukur sekaligus doa makan malam/siang. Semuanya tidak mungkin berlangsung tanpa berkatNya.
Terima kasih sudah membaca.
Pastikan semua tidak sekedar menjadi pesta hura-hura semata bagi yang berulang tahun tetapi juga menjadi berkat dan sukacita bagi undangan atau mungkin bisa menjadi berkati bagi  teman-teman yang lebih membutuhkan.

Selamat berpesta !! 
May you have a wonderful birthday party!!
God bless you.. 
if there any question,comment just leave it below..




No comments: